Profil S2 Magister Akuntansi

Program Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UniversitasAirlangga (MAKSI FEB UNAIR) didirikan pada tahun 2001 sesuai SK DIKTI No. 2377/D/T/2001 dan terakreditasi A sejak 2015. Rentang waktu yang cukup panjang telah mematangkan dan memantapkan MAKSI FEB UNAIR sebagai program yang berkualitas tinggi dan terpandang di tingkat nasional. Selain itu, kurikulum program MAKSI FEB UNAIR yang relevan dan mutakhir, serta mengkombinasikan jalur akademik dan praktik menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang tinggi dan unik. Tim dosen pengajar di program ini bergelar Doktor lulusan dalam negeri maupun luar negeri dan profesor, serta memiliki pengalaman sebagai konsultan dan praktisi.

MAKSI FEB Unair menawarkan enam konsentrasi bagi mahasiswa. Keenam konsentrasi tersebut adalah Akuntansi Keuangan, Pengauditan dan Akuntabilitas, Akuntansi Manajemen, Sistem dan Teknologi Informasi, Akuntansi Kepemerintahan, dan Perpajakan. Konsentrasi yang ditawarkan akan membentuk lulusan yang memiliki kompentensi tinggi yang memahami ilmu akuntansi secara luas, dan memiliki pengetahuan dan keahlian yang mendalam terkait sub-bidang akuntansi tertentu.

 

SPESIFIKASI PROGRAM STUDI

Nama Program Studi

Magister Akuntansi

Status Akreditasi

Akreditasi “A” BAN-PT

Akreditasi Internasional: FIBAA (Premium Seal)

Tipe

Penuh waktu (Full-time)

Gelar/Sebutan Lulusan

Magister Akuntansi (M.A.)

Capaian Pembelajaran Lulusan

  1. Menguasai pengetahuan area fungsional akuntansi secara mendalam dan mampu menerapkan pengetahuan tersebut untuk memecahkan masalah-masalah akuntansi. 
  2. Berkontribusi dalam pengembangan keilmuan dan praktik akuntansi melalui riset yang menggunakan metoda penelitian yang robust dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif. 
  3. Mendiseminasi hasil riset di media yang diakui komunitas ilmiah baik nasional maupun internasional.

Lama Studi dan jumlah kredit yang diperoleh

 Empat Semester (Penuh waktu 2 tahun), 42 sks (67,2 ECTS)

Persyaratan Calon Mahasiswa Baru dan Mekanisme seleksi,

Seleksi mahasiswa baru melalui jalur Mandiri UNAIR. Calon mahasiswa harus memiliki gelar sarjana di bidang akuntansi, manajemen atau bidang terkait lainnya dalam bisnis dan ekonomi, termasuk keuangan dan administrasi bisnis, lulus Tes Potensi Akademik (TPA), wawancara, dan memiliki kemampuan bahasa Inggris yang memadai.

Tanggal dimulainya kegiatan akademik

Semester baru dimulai setiap bulan Februari dan Agustus 

Standar Biaya

Standar biaya mahasiswa lokal terdiri dari:

a. UKS: Rp8.500.000

b. UKA (minimum): Rp10.000.000

c. Matrikulasi: Rp4.000.000

Standar biaya mahasiswa internasional terdiri dari:

a. UKS: Rp22.500.000

b.  UKA (minimum): Rp25.000.000

c.  Matrikulasi: Rp8.000.000

http://ppmb.unair.ac.id/id/biaya-studi-magister?menu=study-fees

Tanggal spesifikasi program studi disahkan/direvisi

Program Magister Akuntansi pertama kali ditawarkan pada tahun 2001 berdasarkan surat persetujuan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi-Indonesia (Dirjen Dikti-Indonesia) Nomor 2377/D/T/2001

 

PROFIL LULUSAN

Lulusan program Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga akan memiliki kualifikasi:

  1. Pengaplikasian teori akuntansi dan area-area fungsional terkait di era digitalisasi,
  2. Keterampilan meneliti fenomena akuntansi dan mempublikasikannya,
  3. Integritas sesuai dengan prinsip etika dan standar profesi serta moralitas agama.

Lulusan program studi Magister Akuntansi yang memiliki kualifikasi tersebut dapat  mengisi posisi di tingkat manajemen menengah dan atas, seperti: Konsultan/Analis; Peneliti, dan Akademisi

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN (CPL)

Capaian pembelajaran lulusan Program MAKSI meliputi empat unsur: Sikap, Keterampilan Umum, Keterampilan Khusus, dan Pengetahuan. Unsur Sikap dan Keterampilan Umum mengacu pada SN-Dikti. Masukan para pemangku kepentingan melalui tracer study dari para lulusan yang sudah bekerja dan juga focus group discussion dengan para pengguna lulusan dan perwakilan asosiasi. Selain itu, CPL Program Studi MAKSI telah mempertimbangkan beberapa capaian pembelajaran yang diperlukan saat ini, yaitu antara lain terkait literasi data, literasi teknologi, literasi manusia, kebermanfaatan bersama, dan higher order thinking. CPL

A. Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S1)
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etik (S2)
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3)
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (S4)
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S5)
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S6)
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7)
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik sesuai dengan nilai universitas excellence with morality (S8)
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9)
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan (S10)

B. Keterampilan Umum

  1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional (KU1)
  2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian berbasis data dengan memanfaatkan perangkat digital sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri (KU2)
  3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas (KU3)
  4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi objek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (KU4)
  5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu (KU5)
  6. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data (KU6)
  7. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas (KU7)
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KU8)

C. Keterampilan Khusus

  1. Mampu mengembangkan konsep, teori, metode, dan aplikasi akuntansi keuangan dan tata kelola korporasi (corporate governance) (KK1)
  2. Mampu mengembangkan konsep, teori, metode, dan aplikasi pelaporan akuntansi strategis, akuntansi manajemen, auditing, perpajakan, sistem informasi, akuntansi pemerintahan, manajemen strategis, dan/atau manajemen risiko (KK2)
  3. Mampu memecahkan masalah-masalah akuntansi keuangan, pengauditan, akuntansi manajemen, akuntansi pemerintahan, perpajakan, dan/atau sistem teknologi informasi kontemporer secara kritis dengan menerapkan pengetahuan akuntansi dan pengetahuan pendukungnya (pendekatan inter dan multidisipliner) serta menggunakan teknologi terkini untuk menghasilkan keputusan yang kreatif yang tepat (KK3)       
  4. Mampu menganalisis informasi keuangan dalam laporan keuangan dengan tujuan mengevaluasi kondisi keuangan maupun prospek masa depan perusahaan serta melakukan penilaian (valuation) perusahaan (KK4)         
  5. Mampu melakukan riset akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, auditing, perpajakan, sistem informasi, dan/atau akuntansi pemerintahan dengan menggunakan metoda-metoda penelitian yang robust baik dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif (KK5)
  6. Mampu mengelola riset akuntansi dan pengembangan keilmuan akuntansi yang bermanfaat bagi masyarakat maupun keilmuan akuntansi itu sendiri (KK6)
  7. Mampu mempublikasikan hasil riset di bidang akuntansi di media-media yang diakui oleh scientific community di level nasional dan/atau internasional (KK7)

D. Pengetahuan

  1. Mampu menguasai teori dan teori aplikasi akuntansi keuangan dan tata kelola korporasi (corporate governance), serta disiplin ilmu yang terkait (P1)
  2. Mampu menguasai teori dan teori aplikasi pelaporan akuntansi strategis, pengauditan, akuntansi manajemen, perpajakan, sistem informasi, manajemen strategis, dan/atau akuntansi pemerintahan, serta disiplin ilmu yang terkait (P2)
  3. Mampu menguasai pengetahuan fenomena-fenomena dan isu-isu kontemporer penelitian akuntansi keuangan, pengauditan, akuntansi manajemen, akuntansi pemerintahan, sistem dan teknologi informasi, dan/atau perpajakan (P3)
  4. Mampu menguasai teori dan aplikasi metoda riset pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif untuk menghasilkan penelitian yang robust (P4)
  5. Mampu menguasai pengetahuan diseminasi riset secara tertulis dan lisan dan menguasai teknik publikasi karya ilmiah di media nasional dan internasional (P5)
  6. Mampu menguasai pengetahuan pengolahan dan interpretasi data, serta pengambilan keputusan berdasarkan hasil interpretasi data tersebut (P6)   
Hits 31954