S2 Magister Akuntansi

  • By Super User
  • In Program
  • Posted 10 Januari 2020

UMUM

Program Magister Akuntansi didirikan berdasarkan Surat Ijin Dirjen Dikti Nomor: 2377/D/T/2001, tanggal 12 Juli 2001 tentang Penyelenggaraan Program Studi Magister Akuntansi pada Universitas Airlangga. Program ini adalah program non-linear sehingga dapat menerima calon mahasiswa dari berbagai program studi khususnya Fakultas Ekonomi. Dengan demikian, yang dapat menjadi calon mahasiswa adalah mereka yang bergelar sarjana, baik jurusan Akuntansi, Manajemen, Studi Pembangunan, maupun Ilmu Administrasi.

Program ini memberikan gelar Magister Akuntansi disingkat M.A. Hasil akreditasi berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Nomor 010/2009 berlaku sampai dengan tanggal 05 September 2014 dengan nilai B. Kemudian diperbaharui dengan akreditasi oleh BAN-PT dan berhasil mencapai nilai A berdasarkan Keputusan BAN-PT Nomor 014/BAN-PT/Akred/M/I/2015. Sertifikat akreditasi ini berlaku sejak 16 Januari 2015 sampai dengan 16 Januari 2020.

VISI

Berorientasi pada pengembangan disiplin ilmu Akuntansi. Tanggap terhadap perubahan dan mampu merumuskan penyelesaian berbagai masalah yang berbasis pada disiplin ilmu Akuntansi dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat. Berkomitmen pada peningkatan kualitas sumber daya manusia yang memiliki integritas moral, berwawasan global, serta profesional di bidangnya.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan penelitian yang menunjang pengembangan diri dan pengembangan Ilmu Akuntansi serta mampu menerapkan dalam praktek.
  2. Ikut menjadikan Fakultas Ekonomi dan Bisnis khususnya dan Universitas Airlangga umumnya sebagai komunitas akademik yang kondusif bagi penguasaan IPTEK, pengembangan wawasan serta kemampuan berpikir kritis, berlandaskan pada nilai-nilai moral dan keimanan sehingga mampu memajukan berbagai dimensi kehidupan sesuai dengan cita-cita bangsa.

TUJUAN

  1. Mampu mengembangkan kemampuan dan keahlian untuk mengenali, mengamati masalah-masalah dalam bidang ilmu Akuntansi, serta melakukan pendekatan dan penalaran ilmiah untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi.
  2. Mampu mengembangkan keahlian dan kemampuan dalam bidang ilmu akuntansi untuk meningkatkan kualitas pelayanan profesi dengan jalan penelitian dan pengembangan serta mampu menduduki jabatan pada jenjang yang sesuai termasuk bidang pengajar pada perguruan tinggi.
  3. Memiliki wawasan dan bekal ilmu pengetahuan yang cukup dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan lebih lanjut serta untuk melanjutkan pendidikan untuk memperoleh derajat yang lebih tinggi dalam bidang ilmu akuntansi.

SASARAN

  1. Menciptakan suasana akademik yang kondusif sebagai sarana menciptakan lulusan yang memiliki sikap sosial yang baik, kemandirian, kreativitas, integritas dan berkepribadian baik.
  2. Meningkatkan kualitas profesionalisme sumber daya baik tenaga pengajar maupun tenaga penunjang pendidikan, agar dapat memenuhi harapan stakeholder.
  3. Meningkatkan profesionalisme layanan dan akses informasi, serta menjalin kerjasama dengan pihak-pihak eksternal yang terkait.
Hits 196